Sunday, May 6, 2012

Review "The Avengers"

OK, ini blog pertama saya. Semoga bermanfaat.

Ah, The Avengers ... setelah Marvel menciptakan begitu banyak trailer sepanjang 2 jam, akhirnya filmnya datang juga. Mari kita lihat ...

Semua puja-puji thd film ini rasanya sudah disampaikan kritikus² lain, dan saya setuju dengan mereka. Jadi, review ini akan fokus pada kekurangan The Avengers! 

Kekurangannya:
- Ceritanya tertebak
- Lawan mereka di pertempuran terakhir, alien Chitauri, kurang variatif
- Para Chitauri ini tak mengerti logika militer

Vonis akhir: 75/100



Saya tak begitu keberatan dengan cerita yang tertebak. Apalagi, Joss Whedon sang sutradara adalah sutradara yang memiliki kemampuan. Dia berhasil membuat banyak hal² menarik di sepanjang film, biarpun kita semua sudah bisa menebak arah cerita film ini. Sayangnya, kebesaran seorang pahlawan tergantung dari kebesaran lawannya. Film ini memang berhasil menggambarkan Loki sbg antagonis yang menarik, yang jahat, yang meyakinkan kita bahwa dia adalah lawan yang tangguh. Sayangnya tentara Chitauri yang dibawa Loki ke bumi jauh dari sempurna.

Bentuk para Chitauri memang mengesankan, sayangnya kurang variatif. Lihat saja angkatan bersenjata standard di dunia kita ini: ada infanteri, artileri, tank, pasukan khusus, kapal terbang pembom, kapal terbang pengintai, dll. Para Chitauri cuma membawa infanteri, kereta terbang, dan ular raksasa. Oh iya, senjata mereka juga cuma 1 jenis: senapan laser.

Kurangnya variasi Chitauri masih bisa dimaafkan, tapi kebodohan mereka tak bisa. PERINGATAN SPOILER, LEWATI BAGIAN INI KALAU ANDA BELUM MENONTON THE AVENGERS!! Lewati bagian ini kalau anda mau menonton The Avengers TANPA pengetahuan tentang plotnya! Silahkan mulai baca lagi setelah tulisan merah "akhir spoiler":


..... awal spoiler ....


Rencana mereka untuk menginvasi bumi adalah dengan membuka gerbang ke dunia mereka, lalu membanjiri bumi dg pasukan mereka via gerbang tsb. OK ... itu rencana standard untuk sebuah invasi. Buat sebuah "Beachhead" di pantai lawan dalam operasi amphibi, "Beachhead" adalah batu pijakan pertama armada invasi tsb, sepotong kecil wilayah lawan yang direbut oleh gelombang pertama, yang akan digunakan sbg basis untuk operasi lanjutan.
Begitu gerbang terbuka, mereka mengirimkan pasukan mereka dan mereka langsung ... menyerang semua manusia yang mereka lihat.
Err ... maaf, eliminasi beach-head lawan adalah salah satu reaksi standard pihak yang bertahan/diserang, jadi logika militer dasar mewajibkan para agresor untuk MEMFORTIFIKASI BEACHHEAD!! Konsentrasikan kekuatan mereka di area sekitar tongkat Loki yang menciptakan gerbang dimensi tsb, ketika ada superhero yang mencoba mendekati gerbang tsb, hujani mereka dg semua firepower yg sudah tiba di bumi!! Ulangi terus sampai tidak ada lagi ancaman thd beachhead tsb.
Tampaknya para Chitauri ini mengasumsikan bahwa para manusia takkan bisa mengganggu Beachhead mereka. Benar² amatir. Itu sebabnya saya merasa sangat TERGANGGU ketika saya melihat beachhead para alien tsb tak diamankan sama sekali. Itu sebabnya saya sangat terganggu melihat para Chitauri tampaknya lebih mirip gerombolan tak bertuan yg tak paham logika militer sama sekali. Akan JAUH lebih menarik kalau lawan para Avengers ini menaati logika militer. Akan JAUH lebih menarik kalau para Avengers dan tentara biasa bertempur secara sistematik dan fokus, membongkar pertahanan para Chitauri di Stark Tower. Namun, yang kita dapatkan adalah tawur massal di kota New York.


 ..... akhir spoiler .... 


Jadi, itu sebabnya saya tak memberi nilai lebih tinggi dari 75. Film ini jelas masih SANGAT bisa dinikmati, karena semua hal bagus yang disebutkan para kritikus lain tidak dilenyapkan oleh kelemahan ini. Namun, kebodohan para Chitauri ini benar² terlalu jelas buat saya.

UPDATE 11.05.2012:
Satu lagi kelemahan film ini, yaitu film ini tidak memuat superhero paling menghibur sepanjang masa: GHOST RIDER. Shame on you Marvel!!

SALAM!!





2 comments:

  1. ada yg lain yg bikin chitauri lengah? krn loki bilang ke mereka kalo manusia itu lemah. mereka ga nyangka klo manusia bakal ngelawan balik. they overlooked human beings. :) But it was a good entertainment.
    -kartika-

    ReplyDelete
  2. Para Chitauri terlalu lengah. Agresor arogan yang menganggap remeh sasarannya itu memang salah 1 kesalahan klasik yang sering dilakukan. Namun para Chitauri ini bukan cuma sekedar menganggap remeh manusia, melainkan betul² menganggap kekuatan tempur Avengers maupun tentara bumi tak exist, padahal para Avengers sudah membunuh 1 ular raksasa di menit² pertama invasi.

    Film ini jauh lebih baik kalau ancaman Chitauri jauh lebih mengerikan karena mereka menerapkan logika dasar militer.

    ReplyDelete