Sunday, June 3, 2012

Membuat Baterai BlackBerry Tahan 4 hari

Adik saya, seorang penggemar tehnologi, benar² heran. Setelah dia memiliki sebuah smartphone Android, seperti orang² Indonesia kebanyakan, dia masih harus membeli BlackBerry. Dia memilih BlackBerry 9780/Onyx 2. Semua orang sudah memperingatkan dia, sama seperti Androidnya, BB itu biasanya harus dicharge sehari sekali. Namun, pada kenyataannya, adik saya cuma perlu mencharge BB itu 4 hari sekali.

Huh? Kok bisa? Dia sendiri sempat kaget, tapi setelah dia perhatikan, ternyata itu cuma konsekuensi logis dari cara dia menggunakan BB tsb. Ini dia triknya:

1) Trik standard: matikan semua apps kecuali 5 apps utama: telephone, messages, BBM, home, & browser
Rasanya semua orang sudah melakukan trik dasar ini.

2) Setiap kali dia menyelesaikan "chat" di BBM, dia tidak malas mengklik "end chat."
Kebanyakan orang cuma mengklik "Back" padahal ini artinya chat tsb tidak mati. Chat tsb masih aktif di background, menguras batere.

3) SELEKTIFLAH DALAM MEMBERIKAN PIN MU!!
Banyak orang tak sadar, memiliki 100 contact di BB itu berbeda dengan memiliki 100 contact di dumb-phone. Smartphone itu intinya adalah komputer kecil. Contact di smartphone itu adalah daftar PEKERJAAN yang harus terus menerus dikerjakan smartphonemu. Misalnya, BB itu terus menerus memeriksa apakah contact tsb mengubah status atau fotonya. Makin banyak contact di BBmu, makin banyak batere terkuras setiap kali OS mengerjakan contact² tsb.

4) SELEKTIFLAH DALAM MEMBERIKAN PIN MU!!
Sekali lagi, selektif dalam memberikan PIN BB itu PENTING! Memberikan PIN BB ke sembarang orang juga berarti banyak orang tak jelas akan mengirim "Broadcast Message" tak jelas . Broadcast Message tak jelas bukan cuma membuat jengkel, tapi juga menguras bateremu.

5) Matikan BlackBerry ketika hendak tidur
Semua manusia butuh waktu istirahat. Adik saya benar² tak mau tidur malamnya terganggu. Menghemat batere BB tsb selama dia tidur adalah bonus besarnya. Saran dari adik saya: gunakan fitur auto on/off untuk MEMAKSA anda tidur maupun bangun.

Semoga berguna.

No comments:

Post a Comment