Monday, August 27, 2012

Harga Saham Facebook

Facebook adalah jaringan social-network di internet yang paling sukses saat ini. Semua orang berpikir Mark Zuckerberg adalah Bill Gates atau Steve Jobs abad 21. Dan semua mimpi itu lenyap saat ini, ketika harga saham Facebook tinggal separuhnya, semua orang bahkan mulai mempertanyakan keamanan posisi Zuckerberg sbg CEO Facebook.

Bingung kenapa ini bisa terjadi? Gini deh, coba anda jawab pertanyaan mendasar ini:

Bagaimana Facebook menghasilkan uang? Bagaimana mereka dapat untung?
Sebuah perusahaan itukan harus menciptakan laba/keuntungan/profit. Memangnya Facebook dapat uang dari mana? Sampai saat ini Facebook mendapatkan uang dari iklan, dan game ... huh?? Memangnya berapa banyak iklan yang bisa dan sudah mereka pasang? Berapa banyak iklan yang bisa mereka pasang sampai pengguna Facebook kesal dan memutuskan pindah?  Jawabannya: TERLALU SEDIKIT.

Facebook juga mencoba menghasilkan uang dg cara menjual data pribadi pemilik rekeningnya. Orang² di amerika yg sadar betul pentingnya data pribadi langsung protes, lembaga perlindungan konsumen di sana langsung melayangkan peringatan, dst. 

Di sisi lain operasional perusahaan Facebook tidak murah. Pengguna Facebook yang makin banyak berarti server yang mereka gunakan harus makin besar, biaya operasionalnya juga makin besar, dst. Yakin bisa untung?

Intinya: Facebook tak punya penghasilan yang berarti sementara pengeluarannya besar. Gak ada penghasilan, gak ada laba. Mungkin Facebook harus mengubah statusnya dari "perusahaan" menjadi "yayasan" yang mengandalkan sumbangan untuk menghidupi organisasinya.


Baca tulisan²nya John T. Reed untuk penjelasan lebih detilnya, dan, kenapa saham Amazon dan Groupon juga BUKAN investasi yang bagus:

Facebook, Groupon, Amazon

No comments:

Post a Comment