Friday, November 30, 2012

Kebangkitan Cina: Redux


Halaman dalam pasport baru RRC
Sumber: The Guardian
Saya sebelumnya sudah bilang, kebangkitan Cina itu BUKAN berita baik buat negara² tetangganya. Di saat yg sama, dominasi Amerika Serikat atas dunia ternyata tak terlalu jelek!

Dan Cina baru saja membuktikkan lagi mereka berniat mendominasi semua orang.

Mereka baru saja mengubah pasport mereka. Masalahnya, di SETIAP halaman pasport tsb, mereka menggambarkan wilayah RRC meliputi daerah India yang mereka klaim, dan segenap Laut Cina Selatan, yang sedang disengketakan dengan Brunei, Vietnam, Malaysia, dan Filipina. (Lihat gambar di kanan.)

Huh? Buat apa cari gara² seperti ini? Saya punya sebuah tebakan ...

Ingat² fakta bahwa setiap kali kita memasuki negara asing, pasport kita dicap.

Sekarang, bayangkan, seorang warganegara Cina, memasuki Vietnam yg sedang bersengketa dg Cina mengenai batas wilayah di laut Cina Selatan. Cap pemerintah Vietnam di sebuah pasport RRC bisa dijadikan bukti "LIHAT, pemerintah Vietnam MENERIMA klaim wilayah Cina!" Begitu pula kalau ada warganegara Cina yang memasuki India, Filipina, dll.

Tentu saja negara² tsb tidak diam saja. Vietnam memutuskan untuk memberikan SEMUA capnya di lembar terpisah. India malah memberikan peta VERSI INDIA di visa kepada warganegara Cina dst.

Dan sekali lagi Cina mengingatkan kita semua: setidaknya Amerika Serikat tak punya ambisi territorial. Gak heran kalau negara² yang berdekatan dg Cina ramai² akan menawarkan tanahnya untuk menjadi pangkalan angkatan bersenjata Amerika Serikat.



Sumber:


No comments:

Post a Comment