Wednesday, February 20, 2013

Kesalahan "Teori Evolusi"

Malang betul nasib ilmu hayati.
Salah 1 ilmuwan terhebat sepanjang masa:
Charles Darwin
Tidak seperti matematika, fisika, dan ilmu² alam lainnya, fondasi terdasar ilmu ini terus menerus ditentang, dimaki, dan dihina-dinakan oleh begitu banyak orang. Tentu saja saya sedang bicara tentang teori evolusi yang sampai saat ini dianggap "sesat" oleh ahli² agama. Saking gigihnya mereka menentang teori evolusi, mereka terus menerus mengulang beberapa kesalahan ini:


Kalau manusia berasal dari kera, kenapa kera masih ada?
Ini adalah bukti para penentang teori evolusi itu begitu terobsesinya menjatuhkan teori evolusi sampai² TIDAK MENGGUNAKAN LOGIKA ketika berargumen. Saya baru saja membaca posting di facebook yang kurang lebih bilang:

Kalau manusia berasal dari debu dan tanah, kenapa debu dan tanah masih ada?
Kalau orang Amerika berasal dari Eropa, kenapa orang Eropa masih ada?

Terbuktikan betapa ngawurnya logika ini? Oh iya, ngomong² soal "evolusi menyatakan manusia berasal dari kera" ...


Manusia itu TIDAK berasal dari kera!
Ini biasanya serangan pertama orang² penentang evolusi. Ini adalah strawman fallacy, teori evolusi TIDAK pernah mengatakan manusia berasal dari kera! Menurut teori evolusi, manusia dan kera modern memiliki nenek moyang yg sama, jadi JANGAN gunakan serangan ngawur ini kalau mau menentang evolusi.



Evolusi ini cuma teori!
Serangan ini tambah "meyakinkan" berkat popularitas iklan odol 10 tahun yang lalu "AH TEORI!!" 

Begini yah ... evolusi memang "cuma teori" persis seperti teori heliosentris/matahari sebagai pusat tata surya. Betulan. TEORI di kontext ini adalah penjelasan ilmiah sebuah fenomena, bukannya "omong kosong tanpa bukti." Sebaliknya, sebuah teori yang diterima justru harus memiliki bukti² yang kuat. Namun harus diingat, bukti tsb tidak melulu cuma bukti langsung.

Balik lagi ke teori heliosentris. Tidak ada rekaman kamera yang menunjukkan bumi berevolusi mengelilingi matahari, semua "bukti" teori heliosentris itu adalah hasil perhitungan dan pengamatan tidak langsung. Sama seperti tidak ada rekaman yg menunjukkan evolusi manusia dari makhluk bersel tunggal. Yang kita miliki adalah be-ribu² bukti tak langsung, misalnya existensi bakteri pemakan nilon, persamaan genetik antar spesies, fosil², dll.


Evolusi juga berdasarkan iman!
(Menghela napas.) Charles Darwin sebelum menulis teori evolusinya adalah seorang Kristen. Dia INGIN SEKALI membuktikan kebenaran teori kreasi. Untungnya, akal sehatnya menang. Semua hasil penelitian dia dan sejawatnya TIDAK membuktikan teori kreasi. Teori evolusi adalah salah 1 kemenangan akal sehat, jiwa ilmiah, dan pikiran kritis atas iman dan mentalitas ABS.


Teori Kreasi juga ilmiah!
Ngawur total. Begini deh, saya mau tanya, bagaimana caranya membuktikan ketidak sahihan teori kreasi? Hmm? Mungkin tidak? Bukti macam apa yang bisa meyakinkan anda bahwa teori kreasi itu ngawur? Ada tidak?

Kenapa hal ini penting? Sebab teori yang "tidak bisa dibuktikan salah" itu lebih ngawur daripada teori yang salah. Misal nih, saya mau menebak nomor lotere antara 0 - 9999. Kalau kita meminta bantuan "peramal" dan dia memberikan sebuah nomor, kita bisa MEMASANG nomor itu. Sekarang bayangkan si peramal itu bilang "Nomor lotere itu adalah nomor antara 0 - 9999." Ini adalah sebuah tebakan yang TIDAK MUNGKIN SALAH. Ini juga sebuah tebakan yang TIDAK BERGUNA! Ini sebabnya Karl Popper mendefinisikan keilmiahan sbg "falsiafibility" atau "kalau tak bisa dibuktikan salah artinya SUDAH PASTI TIDAK ILMIAH!!"

Ini sebabnya teori kreasi itu bahkan tidak bisa disandingkan dengan teori bumi itu datar. Hei, kita bisa membuktikan kesalahan bumi itu datar gitu! Kirim saja satelit ke ruang angkasa untuk memotret bumi untuk bukti langsungnya! Sebelum adanya satelit, berlayar saja ke 1 arah terus menerus, kalau ternyata kita kembali ke titik awal, artinya bumi itu bulat bukannya rata! Teori "bumi itu datar" sudah terbukti salah. Teori kreasi itu begitu ngawurnya sampai² bahkan tidak bisa disebut salah.

Sebaliknya, teori evolusi bisa dengan mudah dibuktikan salah. Tunjukkan saja sebuah fosil kelinci dari era pre-cambrian. Tunjukkan "irreducible complexity." Masih banyak cara lainnya, tapi sampai sekarang bukti² ini tak bisa ditemukan. Karena itulah teori evolusi masih dianggap sbg fondasi ilmu hayati modern.


Charles Darwin sebelum mati bertobat menjadi Kristen!
Irelevan. Charles Darwin bukan dewa, bukan Tuhan. Dia mau menjadi Kristen kek, dia mau menjadi Buddhis kek, gak ada urusannya dengan kesahihan teori evolusi YANG terus berkembang setelah kematiannya. Ingat, Darwin TIDAK PERNAH menjelaskan mekanisme evolusi. Cuma setelah Darwin meninggal orang² membaca tulisan Gregor Mendel tentang genetika dan PRESTO, ternyata cocok!

Oh iya, biarpun irelevan, tuduhan itu ngawur yah. Darwin tidak pernah "bertobat". Sampai mati dia meyakini kebenaran teori evolusinya. Anak² Darwin, yang menemani Darwin di saat² terakhirnya, semuanya membantah cerita konyol ini.


Teori Evolusi membuat semua orang menjadi ateis!
Ngawur lagi. Kepala tim pemetaan DNA manusia, Francis Collins adalah seorang biolog Kristen. Dia pernah bilang "semua kerjaan saya ini nonsense kalau evolusi itu salah." Sekali lagi, dia itu seorang Kristen. Dia percaya "evolusi adalah cara Tuhan memberikan upgrade." Ketika dia berdiskusi/berdebat dengan biolog yang ateis, Richard Dawkins, mereka berdua sepakat dulu soal kesahihan teori evolusi.

Gak usah minder, iman anda tidak akan terhapuskan cuma dengan mengamini teori evolusi. Kecuali kalau iman anda memang kerdil dan sempit yah. Kecuali kalau agama anda cuma sebatas "Tuhan menciptakan manusia dari debu dan tanah" yah. Kalau ternyata seperti itu sih ... iman anda memang gak layak dipertahankan. Tuhan dan agama anda seharusnya jauh lebih luas dari itu deh.


Rasanya masih banyak argumen ngawur yang terus menerus digunakan untuk menjatuhkan evolusi deh, tapi itu saja yang terlintas di pikiran saya saat ini. Saya tidak percaya kesalah-kaprahan ini bisa terhapuskan. Banyak penentang teori evolusi tidak tertarik melakukan debat ilmiah dengan pikiran terbuka. Mereka cuma tertarik menjatuhkan teori evolusi itu sendiri, persetan dengan metodenya, persetan dengan fakta! Gak heran kesalah-kaprahan seperti yang di atas bukannya dikoreksi, malah terus-menerus diulang. Gak heran mereka ngotot menyandingkan teori kreasi dengan teori evolusi.


3 comments:

  1. Bos Marcel, apakah yang biasa membantah argumen dan bilang orang2 cendikiawan itu adalah institusi yang bernama GEREJA? yang memiliki otoritas penuh terhadap pengetahuan dan teknologi.

    Gua jadi bingung, kenapa gereja itu berbuat seperti itu? Semua orang yang menyimpang adalah SESAT. Itu mesin cetak Gutenberg, gua rasa kalo ga buat untuk cetak Alkitab terlebih dahulu juga, bakal dibilang barang setan.

    Pembodohan itu namanya. Mengenai evolusi, Darwin kan ngebuat teori itu, berdasarkan kemiripan dari susunan badan kera dan orang. Makanya dia bikin teori itu, dan kemungkinan juga dari hasil penggalian fosil2.

    "Teori evolusi buat orang jadi ateis" -> pernyataan yang sangat bego dari orang yang otaknya sudah terdoktrin dengan doktrin2 "hebat".

    Ini gua ada sedikit keanehan boss, kenapa pada saat teori Mendel baru muncul, teori evolusi Darwin lagi besar2nya, bahkan diakui GEREJA. Apa otak mereka cuman kapasitasnya segitu aja?

    Sori bro, ini gua rada keluarin uneg2 gua, gara2 dulu pernah denger khotbahnya Stephen Tong. Betul2 penuh kontradiksi dan pengen gua jotos orangnya, waktu gua nanyain apa yang lo tulis di opini lo.

    ReplyDelete
  2. Maaf teman teori evolusi gagal total karena hanya imajinasi dan fiksi. Berikut penjelasannya
    Meruntuhkan teori evolusi sampah
    Terimakasih

    ReplyDelete
  3. evolusi pada jerapa mungkin bisa diterima... seleksi alam mengatakan bahwa yang kuat dia yang menang,,,, jika anda berfikir evolusi terjadi karena seleksi alam.... manusia adalah mahluk yang berevolusi berbanding terbalik dengan seleksi alam,,, bulu menghilang,,, kaki memendek... tangan memendek... tubuh makin melemah....berbanding terbalik bukan? SAMA SEKALI TIDAK MASUK DALAM KATEGORI evolusi KARENA SELEKSI ALAM.... dimana mahluk yang lemah,,, yang bayi nya saja butuh 2 tahun baru bisa berjalan lancar,,,, bisa ada di rantai tertinggi seleksi alam

    satu hal lagi wahai debu yang lupa kulit... manusia satu-satunya mahluk yang berevolusi otak,,, dan itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan seleksi alam... ingatlah otak mu itu anugerah dari pencipta mu

    ReplyDelete